Tab Menu

Selasa, 26 Oktober 2010

Komputer Generasi Keenam (Komputer Masa Depan)

Setiap detik, setiap menit, dan setiap jam, selalu terjadi perkembangan teknologi. Tidak ketinggalan perkembangan teknologi komputer. Dari masa ke masa komputer mengalami perkembangan yang cukup unik, dari awal kemunculan komputer pada tahun 50an dengan konsep yang begitu rumit namun fungsionalitasnya cukup rendah, kemudian berkembang menjadi komputer portabel sampai saat ini. Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membanyangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja, kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer telah menciptakan biochip (chip biologis) yang terbuat dari DNA merupakan teknologi yang ‘bersih’. Kita juga tidak akan pernah kehabisan DNA selama masih ada sel-sel makhluk hidup. Ini menjadikannya sumber daya yang sangat murah. Keunggulannya, seperti yang disebutkan dalam artikel yang ditulis oleh Yohanes Suryo, komputer DNA dapat melakukan perhitungan data yang sangat banyak yang jauh lebih cepat, karena semua prosesnya dilakukan secara paralel (bersamaan). Ukuran molekul DNA yang sangat kecil juga merupakan keunggulan komputer masa depan ini. 1 gram DNA yang sudah dikeringkan memiliki kapasitas menyimpan informasi dalam jumlah yang sama dengan 1 trilyun CD (Compact Disc).

Sebuah robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini, yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer dimasa depan. Para ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (program less computer) ini, mungkin membentuk ciri utama generasi komputer masa depan.


Kemungkinan Komputer Masa Depan

Secara prinsip, ciri-ciri komputer masa yang akan datang adalah lebih canggih, lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil.

Perubahan Arsitektur dan Organisasi Komputer

Semua yang disebutkan di atas, masih berupa angan-angan oleh para ahli. Jelas dengan angan-angan seperti itu, harus didukung dengan software dan hardware yang hebat dan inovatif, serta bantuan dari operating system yang hebat pula. Diperlukan perubahan besar dalam arsitektur software dan organisasi hardware yang ada. Operating system harus berjalan di banyak arsitektur hardware yang berbeda-beda (tergantung jenis komputernya). Dan operating system harus dapat melayani semua permintaan dari aplikasi di atasnya dengan optimum tanpa terlalu membebani hardware yang ada.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar