Tab Menu

Sabtu, 13 Agustus 2011

Nama Domain Internet

imageNama Domain (domain name) adalah susunan huruf yang digunaka n sesuai dengan identitas dalam komputer-komputer di internet. Nama domain juga disebut sebagai sebuah label identifikasi yang mendefinisikan wilayah otonomi administrasi, otoritas, atau kontrol di Internet. Nama domain juga nama host yang mengidentifikasi Internet Protocol (IP) sumber daya seperti situs web. Nama domain dibentuk oleh peraturan dan prosedur dari Domain Name System (DNS).

Nama domain diklasifikasikan ke dalam beberapa tingkat (level) dan mengikuti kepemilikan domain yang biasanya terbatas pada periode tertentu. Uraian berikut menerangkan domain tingkat tinggi (top-level domains), domain tingkat dua (second-level domains), domain tingkat tiga (third-level domains), dan domain negara (country domains).

a. Domain Tingkat Tinggi (top-level domains)

Domain pada tingkat ini diorganisasikan atas tingkatannya dan yang paling tinggi dituliskan di sebelah kanan. Contoh pada domain "itb.ac.id" yang disebut domain tingkat tinggi adalah "ac.id" dan domain tingkat dua adalah "itb.ac.id", sedangkan domain tingkat tiga adalah "www.itb.ac.id".

Beberapa domain tingkat tinggi antara lain (lihat: http://www.livinginternet.com):

· .bitnet — dipakai pada komputer-komputer di dalam jaringan BITNET.

· .com — awalnya ditujukan untuk lembaga bisnis atau "commercial" institutions, tetapi sekarang sering dipakai untuk menunjukan sebuah situs yang dipergunakan oleh perorangan, tujuan bisnis, dan berbagai situs umum lainnya.

· .int — digunakan untuk situs-situs internasional ("International" sites), biasanya situs NATO.

· .edu — digunakan untuk situs institusi pendidikan seperti universitas.

· .gov — digunakan untuk situs pemerintah Amerika Serikat.

· .mil — digunakan untuk situs militer Amerika Serikat.

· .net — awalnya digunakan untuk menunjukan situs-situs yang berkaitan dengan Internet, namun sekarang dipakai pula oleh berbagai situs.

· .org — awalnya digunakan untuk organisasi non bisnis (non commercial organizations), tetapi sekarang banyak juga digunakan oleh berbagai situs.

Indonesia seperti halnya negara-negara lain, telah memiliki domain negara. Pengelola nama domain di Indonesia adalah IDNIC. Domain tingkat tinggi yang dikelola IDNIC antara lain:

· .go.id — digunakan untuk situs-situs pemerintah Indonesia.

· .mil.id — digunakan untuk situs-situs militer Indonesia.

· .net.id — digunakan untuk situs-situs Internet Service Provider.

· .or id — digunakan untuk situs-situs organisasi.

· .co.id — digunakan untuk lembaga bisnis, contoh astra.co.id adalah domain PT. Astra Indonesia.

· .web.id — digunakan untu situs-situs perorangan atau lembaga bisnis.

· .ac.id — digunakan untuk lembaga pendidikan tinggi seperti itb.ac.id (domain Institut Teknologi Bandung), unpad.ac.id (domain Universitas Padjadjaran), unpar.ac.id (domain Universitas Parahyangan).

b. Domain Tingkat Dua (second-level domains)

Umumnya domain tingkat dua seperti .com diberikan kepada organisasi-organisasi yang tergabung didalamnya. Domain tingkat dua seperti "yahoo.com" dan "livinginternet.com", mungkin saja dilakukan registrasinya oleh perorangan.

Tanpa empat karakter yang merupakan domain tingkat tinggi, domain tingkat dua hanya dapat dituliskan lebih kurang 61 kata. Tiap kata bisa mencakup 26 kata, 10 angka, dan karakter hyphen (kecuali karakter hyphen ini tak dapat dituliskan pada awal karakter atau akhir karakter). Karena itu ada 37 kemungkinan karakter untuk 59 kata nama domain, dan ada 36 kemungkinan untuk karakter awal dan karakter akhir.

c. Domain Tingkat Tiga (third-level domains)

Domain tingkat tiga biasanya dibuat oleh pihak-pihak yang telah memiliki domain tingkat dua. Mereka dapat mempergunakannya untuk tujuan yang berbeda-beda, misalnya satu domain untuk akses web dan satu lagi hanya untuk email. Contoh:

· www.republika.co.id

· mail.republika.co.id

Di Indonesia sejenis domain tingkat tiga yaitu .war.net.id — digunakan oleh perorangan maupun lembaga yang memberikan service atau layanan akses internet dalam bentuk warung internet (WARNET) lihat AWARI.

d. Domain Negara (country domains)

Tiap negara memiliki domain tingkat tinggi. Contoh :

Domain

Negara

Contoh URL

.ae

UAE

http://www.economy.gov.ae/

.at

Austria

http://idefix.htl-tex.ac.at/

.au

Australia

http://www.morning.com.au/

.bb

Barbados

http://www.bgis.gov.bb/

.bm

Bermuda

http://www.kbb.bm/

.br

Brazil

http://home.iis.com.br/

Organisasi pengelola domain di masing-masing negara bertanggungjawab atas penamaan domain tingkat tinggi dan tingkat dua kepada tiap-tiap orang atau organisasi yang memerlukannya di negara itu . Pengelola domain negara masing-masing mencatat dalam bentuk daftar domain yang terdaftar di negara masing-masing. Situs DomainStats.com menjaga daftar nomor domain yang terdaftar di tiap domain negara. Sedangkan IANA mendaftar semua domain tingkat tinggi negara-negara, bersama-sama dengan informasinya dari agen pemerintahan masing-masing berikut personal kontaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar