Tab Menu

Senin, 07 Agustus 2017

ProgMil Part Kesekian - Mencoba Pijat Peranakan

     Alhamdulillah kami masih belum bosan dalam usaha promil kami. Awalnya, kami berencana setelah lebaran kemarin akan melakukan inseminasi. Promil kami berhenti sejak bulan Maret 2017 lalu. Kami berpikir, dengan cara alami masih saja susah untuk hamil. Sekedar mengingat kembali, kami sudah melakukan program secara alami (obat) sebanyak dua kali, pada bulan Februari dan Maret. Kami menunda insem sampai setelah lebaran, karena selain mencoba tanpa obat, kami juga berencana akan pulang kampung pada lebaran ini. Sehingga jika pada akhirnya saya bisa hamil, otomatis akan membatalkan rencana kami pulang kampung, padahal suami sudah tiga kali lebaran tidak pernah berlebaran dengan keluarga di kampung.
     Selang dua minggu setelah lebaran, masih datanglah si tamu. Saya menanyakan kembali ke suami tentang rencana kami selanjutnya. Dan suami mengusulkan untuk mencoba pijat ke Hj Suroh di daerah Cipinang sesuai dengan rekomendasi temannya. Baru setelah Idul Adha nanti kami insem (kenapa ditunda lagi, karena saya sudah berencana pulang kampung lagi). Sebenarnya teman suami sudah merekomkan ke tempat pijat ini sejak lama, mungkin sejak setahun yang lalu. Namun memang belum jalannya kami mengambil langkah ini.
     Bagi yang ingin mencoba juga ke Hj Suroh, patokan tempatnya masuk lewat jalan antara Sekolah Pernabur dan Cipinang Mall, ikuti jalan lurus, mentok belok kanan, mentok belok kiri, habis lahan kosong ada pertigaan belok kiri. Mentok kiri jalan ada Puskesmas, sampingnya ada jalan kecil, masuk saja. Ikuti jalan, kanan jalan ada TK Nirwana. Rumahnya di belakang TK pas. Buka jam 7.00-12.00 dan 13.00-17.00. Namun saya pernah 6.30 sampai sana sudah antri satu orang yang akan pijat bayi.

17 Juli 2017 - Pijat Pertama
     Pertama kami bertemu dengan Hj Suroh. Seperti biasa basa-basi kenalan dulu sebelum dipijat. Saya ditanya apakah saat masih remaja atau sampai sekarang pernah minum Kunyit asam, Beras kencur, Kiranti, atau jamu-jamu saat haid? Karena jamu-jamu itu bisa menyebabkan rahim kita lengket (kata beliau). Saya jawab pernah, tapi tidak selalu minum.
     Saat dipijat pertama kali, benar katanya, rahim saya lengket. Cukup sakit, tapi ikuti saja arahannya. Beliau memijit bagian perut dan pinggang saya. Tidak butuh waktu lama. Mungkin hanya sekitar 8-10 menit, yang lama malah ngobrolnya ;-) kemudian dibacakan doa oleh beliau.
Kemudian dijelaskan jika untuk istri, pijatnya sebanyak empat kali, dan kalau suami mau dipijat juga cukup satu kali saja. Yang dipijat juga sama, hanya perut dan pinggang. Yang kami rasakan setelah dipijat adalah sensasi hangat pada perut kami. Berhubung yang dipijat 2 orang, maka diminta bayaran dobel.
     Setelah selesai dipijat, kami dijelaskan apa yang harus kami minum. Saya disuruh untuk minum kelapa ijo sehari 1 buah selama 7 hari. Tidak boleh terlewat atau kurang. Waktunya bebas, dan sebelumnya disuruh untuk membaca sholawat dan doa, karena kami muslim.
Sedangkan untuk suami disuruh minum jamu sehat lelaki, dengan 1 butir telur bebek dan 1 butir telur ayam kampung, ditambah dengan sedikit lada bubuk. Diminum setiap hari Kamis dan Minggu. Untuk waktu hubungan bebas, tidak ada ketentuan.
Kemudian kami diminta untuk datang pijat yang kedua hari Minggu, minggu depannya.
     Kelapa ijo dan jamunya sudah terlewati.
Kelapa Ijo
Source:http://www.kulinerenak.com/?p=4217

23 Juli 2017 - Pijat Kedua
     Kami kembali untuk pijat yang kedua kalinya. Yang dipijat masih sama. Dipijat bagian perut dan dibacakan doa. Kemudian saya disuruh untuk minum rendaman 1 sendok makan biji selasih, sehari 2 kali, selama 7 hari. Tidak boleh kelewatan atau kurang. Biji selasih direndam dengan air panas, kemudian diminum setelah dingin saat pagi dan sore. Biji selasih enak sekali jika dicampur dengan es buah. Tapi ini tawar. Tidak ada rasanya, wangi, dan krenyes-krenyes. Pertama kali saya minum butuh waktu sampai setengah jam lebih, hanya untuk menghabisnya 1 gelas rendaman selasih ini. Kemudian saat saya cerita ke teman saya, dia menyarankan untuk menambah sirup atau gula. Akhirnya untuk rendaman berikutnya saya campur 1 sendok sirup. Tidak manis, hanya saja untuk menambah rasa agar tidak terlalu tawar. Sesekali saya juga tidak kasih sirup. Lama-lama sudah terbiasa dan tidak mual lagi saat meminumnya. (Jamu untuk suami tetap lanjut ya)
Biji Selasih
Source: http://www.obatmaagterbaik.com/biji-selasih-untuk-maag/

30 Juli 2017 - Pijat Ketiga
     Pijat ketiga, masih tetap sama. Kemudian saya disuruh untuk makan ikan Sembilang. Apa itu ikan sembilang? Semacam lele laut. Bentuknya seperti lele dengan 3 buah patil, di atas kepala, dan samping kanan kiri. Untung cuma suruh makan 1 ekor saja. Nyarinya susah, saya sampai nitip tukang sayur dekat rumah, 2 hari kemudian baru dapat. Memasaknya bebas, yang penting doyan makannya. Biar tidak amis, bisa dicuci dengan kunyit, jahe dan jeruk nipis. Alih-alih enak makannya, setelah lihat ikannya saja saya sudah mual.  :-D
Ikan Sembilang
Source: http://www.duniahq.com/2016/03/manfaat-ikan-sembilang-bagi-kesehatan.html
     Saya diminta untuk pijat yang keempat atau yang terakhir pada Sabtu, 5 Agustus 2017. Hari Kamis lalu suami sudah berhenti minum jamu. Karena pada minggu ini, seharusnya jadwal tamu saya datang. Tapi hingga Sabtu pagi belum juga datang. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan tes, karena saya takut jika pada akhirnya saya benar hamil, kemudian dipijat, malah terjadi apa-apa.
     Dan hasilnya, Alhamdulillah puji syukur pada Allah, 2 garis. Senang, bahagia, deg-degan, gak nyangka Allah masih memberi kesempatan kami sekali lagi. Mohon doanya, semoga kali ini menjadi rejeki kami. Saya dan janin saya sehat, dan terlahir dengan sehat tanpa kekurangan satu apapun.
Terima kasih untuk pada pembaca yang telah membaca secuil cerita pengalaman kami. Bagi bunda-bunda di luar sana yang masih berjuang, jangan pernah patah semangat.. Tetap sabar, berusaha dan berdoa. InsyaAllah Allah telah menyiapkan yang spesial setelah itu. Semoga bunda dan keluarga segera diberikan keturunan.
Alhamdulillah


Ps:
Jika ada bunda yang baru ikut program sekali sudah hamil, alhamdulillah.
Jika ada bunda yang sudah habis puluhan juta atau bahkan ratusan juta, belum hamil, tetap sabar.
Jika ada bunda yang baru pijat sudah hamil, alhamdulillah.
Jika ada bunda yang sudah pijat diberbagai tempat masih belum hamil, harus terus sabar.
Allah sudah membagi Rizki pada kita sendiri-sendiri. Jangan kecil hati, harus tetap sabar dan semangat. Harus yakin pada Allah, bahwa Dia akan memberi kita keturunan.
(Ini termasuk pesan untuk saya pribadi juga)

50 komentar:

  1. waaah senangnyaaa. alhamdulillah sudah isi melalui perantara ikhtiar pijat ya/ selamat, semoga sehat ibu dan bayinya. aku juga pejuang promil bun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak Anis..
      Semangat terus yaa... semoga mbak Anis juga segera dikaruniai momongan..

      Hapus
    2. Mbk klo boleh tanya biaya urutnya berapa mbk?

      Hapus
    3. Maaf baru ngeh ada komen yg diatas²..
      Baik akan saya jawab.
      Pada saat saya pijat itu, biayanya masing² 100rb. Jd waktu datang pertama, jika pijat istri & suami, maka biayanya 200rb.
      Itu th 2017. Kebetulan ada teman saya belum lama jg pijat dsana. Sekarang biayanya masing² 200rb.

      Apakah ada lg yg berbeda?
      Mohon maaf jika ada yg kurang berkenan. Kita hanya ingin berbagi informasi.. mungkin bisa jadi setiap orang beda²🙏

      Hapus
    4. Tahun skrg urutnya brpa ya mba...dan denah rmhnya berbeda apa ngg mba tmpt hj suroh

      Hapus
    5. kalo sekarang saya kurang tahu. th 2019 200rb, karena ada teman yg kesana. insyaAllah lokasinya tetap,

      Hapus
  2. Hai mba inge, kalo boleh tau untuk biaya pijatnya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau berdasarkan saran teman suami, seikhlasnya.
      namun waktu kami pijat kemarin, orangnya menyebutkan tarif sendiri.
      mungkin tiap orang beda2 kali ya...

      sebaiknya mbak Susi tanya dulu saja, sambil disiapkan uang sepantasnya. kalau beliau mematok harga, ya di kasih sesuai minta orangnya saja :)

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum..mba inge salam kenal ☺
    Selamat ya mba' inge Alhamdulillah smoga ibu n baby sehat n lancar sampai persalinan..Aamin
    Saya tari jg sdg promil sdh hampir 5 tahun besok oktober, smua ikhtiar dokter maupun herbal sampe urut pernah satu kali.
    Skrg msh trus smangat promil apalagi ketika membaca promil mba inge ☺
    Boleh tanya ya mba itu jamu utk suami seperti apa ya merknya n beli dmn? N cara minumny dipakai smua ya sama kuning n putih telur bebek n ayamnya?
    Makasih sebelumnny maaf byk bgt ceritanya 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam mbak Tari,
      Alhamdulillah terima kasih.. ini sudah masuk 5/6 minggu.
      Semangat terus mbak.. semoga mbak Tari jg segera diberikan keturunan.. aamiin
      Jamunya, jamu sehat pria,bisa dibeli ditukang jamu.ada yg sudah komplit plus madu jg, jadi tinggal minta tambah telur bebek dan ayamnya.yg ngracil penjualnya.suami tinggal minum.sepertinya kuning dan putihnya campur. Kl ladanya pertama kali bawa sendiri dr rumah,berikutnya ga dikasih lada krn lupa terus.

      Hapus
  4. Oh ya mba inge maaf skrg umur kehamilannya brp bulan..senang bgt dengar kabarnya..jadi penasaran trus mau tanya2..hehee
    Maaf ya mba' 😃😃

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah mbak udah positif.. Baca ceritanya sampean jadi semangat buat promil lagi, semoga segera dapat amanah juga dari Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, makasih dek..
      aamiin.. semangat.. semoga disegerakan yaa..

      Hapus
  6. Assalamualaikum wr..wb.. mba inge boleh info alamat lengkap tukang urutnya? Terima kasih sebelumnya wssalamualaikum wr..wb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk alamatnya saya lupa tidak mencatat.
      Namun ditulisan saya diatas sudah saya tuliskan patokan tempatnya. Insyaallah itu jalan yg paling gampang, drpd hrs melewati perkampungan

      Hapus
  7. Halo mba Inge,

    Selamat untuk kehamilannya. Aku jg sedang promil, setelah 1 tahun ini belum ada tanda2 yang ditunggu. HEhehhee. Kemarin habis tes di RSIA Sayyidah dan hasilnya 1:262.144 (sangat tinggi). Obgynku dr Handi Suryana menyarankan untuk diikuti terapinya sesuai saran lab.

    Boleh tau gak mba, pengalamannya? sudah sempat di terapi PLI kah atau bagaimana?

    Untuk kehamilan yang ini kan dipijat ya mba, apa pijatnya tetap sambil konsul SPOg? Maaf ya mba, tanya2 nya banyak.

    Terima kasih sebelumnya.
    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak, salam kenal..

      Kebetulan saya belum pernah terapi PLI. dari yang saya baca, di Sayyidah biasanya disarankan untuk terapi PLI. Dan itu harus dilakukan hingga beberapa kali, tergantung tingkat ASA nya. Jika sekali terapi sudah bisa turun signifikan mendekati normal, bisa hanya sekali terapi saja. Namun jika masih jauh dari normal, akan diulang lagi, hingga mendekati normal.
      Sedangkan jika menurut dr Marly, beliau menyarankan menggunakan infus gamaras. Katanya dengan ini bisa lebih efektif daripada menggunakan PLI. Namun harganya jauh lebih mahal. Dan tentunya juga dikembalikan ke reaksi tubuh kita. Bisa cukup satu kali saja, atau masih perlu diulang.
      Saya juga belum sempat infus gamaras ini, karena biayanya yang mahal, dokter menyarankan saya untuk dilakukan ketika akan insem. Berhubung saya tidak jadi insem, jadi saya juga belum melakukan infus gamaras.
      Kalau yang sudah pernah saya lakukan itu, puasa berhubungan (tidak terlalu sering) atau saat berhubungan menggunakan pengaman. Karena katanya, semakin sering tubuh kita bertemu dengan sperma suami, akan semakin mengenal dan kebal/menolak sperma itu. Jadi bisa dibilang, dijauhkan dulu agar tubuh kita lupa dengan sperma itu, baru setelah beberapa bulan, dipertemukan lagi.

      Pada saat saya melakukan pijat, kebetulan saya sedang break konsul ke SPOg selama sekitar 2 bulan. Karena kami sedang mempersiapkan untuk insem. Jika pijat ini juga masih belum beruntung, kami akan memutuskan untuk insem.
      Alhamdulillah 3 minggu pijat, saya positif hamil.

      Tetap sabar dan semangat ya mbak..
      semoga diberi kelancaran dan disegerakan untuk punya momongan.

      Hapus
  8. Assalamualaikum mba ...
    Ga sengaja lagi searching2 tentang promil ketemu blog mba, saya nikah sudah 4 thn sempet hamil 3 thn lalu tapi keguguran saya mau coba pijat di hj.Suroh deh ,btw mba suaminya ada problem jg kah?kebetulan suami saya spermnya bermasalah tdk gesit dan sedikit ,dan saya juga ada kista sudah smpet hilang sih kistanya cuma tumbuh lagi,btw sudah brp week kandungannya ?Insya Allah selalu diberikan kekuatan selama mengandung ya mba...

    Maaf ya mba kalo terlalu kepo hehe saya lg butuh suntikan semangat nih,udah loyo2nya promil hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam mbak..salam kenal..
      Terima kasih berkenan membaca coretan saya..
      Sebelumnya, aamiin terima kasih atas doanya..sekarang sudah masuk 18mggu.
      Kepo? Gapapa.. Saya nulis coretan ini krn ingin curhat dan sbg tempat untuk saling berbagi, syukur2 bisa bermanfaat untuk orang lain..
      Harus tetap semangat ya mbak.. Semoga disegerakan mendapat momongan..
      Barang kali pijat di hj suroh perantaranya.

      Suami saya dulu awal pemeriksaan jg ada masalah kurang gesit & penggumpalan.
      Bisa dibaca disini http://ingealitalya.blogspot.co.id/2016/04/progmil-part-2_17.html?m=1
      Kemudian oleh dr Indra diberi resep:
      1. Ubiquinal
      2. Vipro G
      3. Astina
      4. Memorex
      Untuk dikonsumsi selama 1 bulan. Bulan depan cek sperma lagi, alhamdulillah sudah bagus. Kemudian utk mempertahankan kualitasnya diberi resep:
      1. Ubiquinal
      2. Memorex
      3. Kurang jelas tulisannya. Tp katanya vit C (krn kami tidak menebus obat di Rs,jd diganti merk lain)

      Kalau dari dr Marly, dikasih 1 macam saja, yaitu Glisodin. Vit/suplemen, diminum 1x1. Lebih mudah jg utk mendapatkan obat ini.
      Yg penting jg jaga pola makan dan hidup sehat. Jangan terlalu capek/stress..
      Pasrahkan semua pada yg diAtas..
      Tak lupa jg terus berdoa & jangan putus semangat untuk usaha..
      Hehehe..maaf ya mbak jadi kayak ceramah aja. Padahal saya jg masih banyak kurangnya

      Hapus
    2. waktu itu suami saya jg dikasih suplemen cuma blm cek sperma lg karna dia ga mau hehe dan susah jg bujuknya waktu itu sih sama dokter dikasih vitan dll intinya obat kesuburan sperma cuma blm berhasil buat saya hamil jg yah emang blm saatnya dikasih mau bilang apa yah mba,,
      tapi suplemennya beda sama merk yg suami mbak dikasih,btw obatnya mahal ga mba?

      Hapus
    3. Kalau yg dari dr Indra, 4 obat itu bisa 500rb lbh. Itupun saya beli di pasar pramuka. Kl nebus langsung di RS sekitar 800an kalau tidak salah.
      Kalau Glisodin itu sekitar 200an 1 botol isi 30 utk 1 bulan.

      Kalau Vitan, dl saya yg minum. Diresepkan dari dr Marly waktu mulai program pakai penyubur. Tapi ya masih belum rejekinya

      Hapus
    4. oh gitu mba,ok makasih ya infonya.Dan semoga kehamilannya selalu diberikan kelancaran.Amin Ya Rabb

      Hapus
  9. Mba selamat ya atas kehamilan, n.. Oy mba mau tanya selama mba program biaya pke asuransi,rembes pt atau pribadi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih..
      Saya dulu pernah dikasih tau salah satu dokter spog, bahwa utk kesuburan tidak ada asuransi yg meng-cover.
      Jadi selama program pakai biaya pribadi.

      Hapus
  10. Selamat ya mbak atas kehamilannya.. oh ya saya pernah ke hj suroh.beliau bilang hamil 2 bulan..terus sorenya saya ke dokter utk usg..kata dokternya kosong.. sedih bgt..skrg saya pasrah aja..saya berharap dokternya salah hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak..
      Tetep semangat mbak.. insyaallah Allah sudah menyiapkan yg terbaik buat mbak. Sabar ya...

      Hapus

  11. Assalamualaikum mb ingee..
    Alhamdulillah ketemu blog mb inge n aku lngsung cri nyai hj.suroh..alhamdulillah ktmu alamatny..bru pertama dtg n dsuruh hal yg sama spt mb ingee..mdh2an ini slh stu ikhtiarku bersama suami agar dberikan keturunan...mb inge gmn anakny cwe pa cwo mba?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..semoga disegerakan mendapat keturunan..
      Harus sabar & telaten. Siapa tahu rejekinya lewat jalan ini ya mbak..
      Alhamdulillah anak sy cowok

      Hapus
    2. Mba aku juga skrg lg promil di haji suroh udh urut yg ke 3.. Ternyata ada barengannya ya hhe..

      Hapus
    3. Mba aku juga skrg lg promil di haji suroh udh urut yg ke 3.. Ternyata ada barengannya ya hhe..

      Hapus
    4. Semoga Allah kasih lewat jalan ini ya mbak..

      Hapus
  12. Mba boleh tau gak biaya nya brp urutnya? Trs dia buka hari aapa aja dan jam brp aja?

    BalasHapus
  13. Mba Inge.. sy mau tanya .. sy jg lg promil di nyai haji suro. Tp kmrn sy minum biji selasih 1x setiap hari .. sy gak ngeh mmg suruh 2x sehari? Nah dan sy skrg lg ke tahap 3 utk makan ikan sembilang..itu selama 7 hari full mba? Soalnya tiap ke nyai sll ngantri jd rada lupa kl Uda di tempat karna buru-buru kerja juga.. makasih mba minta jawabanya hehe dan doanya tentu biar ku cepat hamil cepat bs punya anak .. makasih mba Inge sehat sll sekeluarga 💕

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya, waktu beliaunya jelasin saya catet mbak. Insyaallah kl selasihnya sehari 2x selama full 7hari. Kalo sudah terlanjur gapapa. Bismillah aja.
      Kalo utk ikan sembilangnya hanya 1 ekor saja mbak. Tp dalam rentang 7 hari itu,mbak sudah harus makan. Masak jg bebas. Mau digoreng atau masak kuah. Seekor itu saya 2hari ga sampek habis.

      Semoga dilancarkan ya mbak..
      Siapa tahu jalannya lewat situ

      Hapus
  14. assalamualaikum mba, mau tanya mba waktu itu dari mba inge nya sendiri ada masalah ga dirahimnya atau normal sebelum hamil. maaf ya mba kepo nya sampe kesitu soalnya saya juga sudah 1thn belum hamil padahal promil ke dokter terus dan dibilang sel telur saya kecil dan rahim retro barangkali saya dapet pencerahan soalnya saya mau coba alternatif lain selain dokter. makasi mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam..
      Kondisi saya tidak 100% bagus. Di salah 1 saluran tuba saya ada hidrosalping. Tp Tidak sampai tersumbat dan sudah terapi diatermi & injeksi antibiotik.
      Selain itu hasil tes Asa saya sangat tinggi.
      Mungkin jika berkenan bisa baca tulisan² saya tentang promil saya. Disitu sudah saya tuliskan kondisi & terapi² yg sudah saya jalani.
      Siapa tahu bisa bermanfaat 🙏

      Hapus
  15. Mba saya dan suami juga lg program urut hamil di bu haji suroh, aku penantian 5 tahun, ini aku udah urut yg ke 3 dan lg disaranin makan ikan sembilang hhe semoga sebelum urut keempat aku udah hamil kaya mba nya.. Aamiin..

    BalasHapus
  16. Mba saya dan suami juga lg program urut hamil di bu haji suroh, aku penantian 5 tahun, ini aku udah urut yg ke 3 dan lg disaranin makan ikan sembilang hhe semoga sebelum urut keempat aku udah hamil kaya mba nya.. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. semoga dilancarkan & disegerakan..

      Hapus
    2. Mbk sekarang gimana?apa udah berhasil?soalnya saya lagi coba ikhtiar jg di hj.suroh.

      Hapus
    3. Semangat ya mbak.. semoga berhasil..
      Alhamdulillah sekarang anak saya sudah 2

      Hapus
  17. Sepupu saya juga pijit di nya suroh.. dan di suruh minum biji selasih.. mungkin mbak nya pun kenal sama sepupu saya soalnya sama2 orang cipinang 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa ya mbak sepupunya?
      Kl saya sebenarnya tidak tinggal di cipinang. Saya pijat di sana karena dapat rekomendasi dr teman suami..

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Malam mba inge..
    Mau tanya apakah pijat di hj suroh dimasa pandemi ini menerima kah??

    Saya baru baca blog nya mba.. saya tertarik mau urut dsna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf sekali, saya kurang tahu apakah saat ini melayani pijat apa tidak.. mungkin jika lokasi mbak dekat, bisa langsung datang ke sana

      Hapus
  20. Halo mba saya juga lg promil mba. Boleh tau mba kira2 mba ada kontak hj suroh kah? Atau kl mau pijet bs lgsg datang saja ? Terimakasih dan sehat selalu mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf saya tidak punya kontaknya. saya dulu langsung datang kesana..
      semoga mbak dan keluarga jg sehat selalu

      Hapus