Tab Menu

Selasa, 31 Januari 2017

ProgMil Part 10 - Hidrotubasi II

     Hari ini, saatnya saya kembali ke dokter untuk melakukan hidrotubasi kedua. Jam 4 tepat, kami sudah sampai di RS Hermina Depok. Setelah melakukan pendaftaran, tak lupa saya mengambil hasil uji alergi di Laboratorium, masih di lantai 2. Kemudian daftar ulang di poli kebidanan umum di lantai 3. Seperti biasa saya di tensi  tekanan darah dan timbang berat badan.
     Sambil menunggu dokter yang baru datang jam 5 sore, padahal harusnya dokter praktik jam 4 sore, saya mencoba membaca hasil uji alergi saya. Alhamdulillah hampir semua pengujian, saya negatif, hanya saja ternyata saya ada alergi dengan tungau debu. Meskipun selama ini tidak pernah sampai mengganggu aktifitas saya. Jadi saya tidak perlu pantangan makanan-makanan tertentu. Saya hanya harus mengurangi dan menghindari makanan yang meningkatkan kolesterol. (*begitu pula yang dikatakan oleh dokter)
Hasil Uji Alergi
     Jam 5 tepat dokter baru datang. Saya langsung dipanggil oleh asisten dokter untuk dibantu memasukkan obat anti nyeri ke an*s saya. Kemudian saya diminta menunggu sekitar 3 antrian, sambil menunggu reaksi obat, supaya pada saat tindakan tidak mengalami sakit/nyeri.
     Giliran saya pun tiba, setelah masuk ruangan saya langsung diminta untuk persiapan hidrotubasi. Seluruh persiapan ini dibantu oleh asisten dokter. Sebelum tindakan dimulai, ternyata dokter mengetahui bahwa saya sedang keputihan. Katanya hal itu normal dialami setelah melakukan hidrotubasi. (*mulai keputihan terus menerus setelah hidrotubasi yang pertama minggu lalu) Saya hanya diminta untuk menggunakan obat yang sudah diberikan.
     Hidrotubasi pun dimulai. Entah kenapa prosesnyaa lebih lama dari pada hidrotubasi pertama. Mules,, sedikit saja. Setelah selesai tindakan, dilanjutkan konsultasi. Dimana kami diminta untuk kontrol kembali saat haid hari ke-2 atau ke-3 berikutnya, yang nantinya akan diberikan obat penyubur. Bulan depan ini akan dicoba secara alami dulu (*semoga dengan cara alami saja, saya bisa langsung hamil, tanpa harus inseminasi), karena jika bulan depan ini gagal secara alami, maka bulan berikutnya, yaitu sekitar bulan Maret, kami harus melakukan inseminasi yang sebelumnya harus dilakukan infus Gamaras untuk menurunkan ASA saya. (untuk mengingatkan kembali rencana program saya, bisa di klik di sini)
Rincian biaya kontrol hari ini:
1. Konsultasi Dr. Sub Obsgyn Dr. Marly : Rp 297.000
2. Hidrotubasi - Eksekutif : Rp 704.000

     Ada satu PR yang diberikan dokter untuk suami, yaitu PR klasik menurunkan berat badan. Obesitas dikatakan dapat menurunkan kualitas sperma yang dihasilkan, makanya suami harus bisa menurunkan berat badan, dengan cara mengatur pola makan dan olahraga minimal 3 kali seminggu. Memang susah siiih, tapi harus dilakukan demi kebaikan bersama.
     Dari pengalaman Hidrotubasi saya yang pertama, saya hanya merasa sedikit mules saat tindakan. Setelah itu tidak sakit sedikitpun. Flek sedikit, itu normal. Tapi untuk hidrotubasi kedua ini, saya tidak merasakan apa-apa saat tindakan, tapi pada saat perjalanan pulang dari RS, hingga keesokan harinya, perut terasa kaku. Dipegang pun sakit, tapi belum muncul flek. Baru setelah 3 hari muncullah flek (*edit). Sempat tanya ke dokter, itu masih normal karena pengaruh hidrotubasi. Reaksi seseorang itu bisa beda-beda, seperti yang saya alami sekarang.
     Hanya itu saja cerita saya hari ini. Saya akan kembali bercerita setelah saya kembali kontrol ke dokter sekitar minggu depan. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.. Semangaaat...

5 komentar:

  1. Mbak, terima kasih sharing-nya. Itu hidrotubasi beneran cm 700an ribu?? Saya tanya di Hermina Jatinegara 3,5 juta dan belum termasuk obat2an. Beda cabang beda harga jauh ya hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum saya melakukan Hidrotubasi, juga sempet tanya ke informasi sekitar 3,5jt juga mbak.. Tapi gak tahu kenapa, sampai Hidro II, biayanya 704rb semua..
      Mbak Amanda sudah hidro di hermina Jatinegara?

      Hapus
  2. Mbak itu ngeflek nya banyak kah???
    Sy habis hidrotibasi gak keluar flek..
    Apa aman ya.
    Soalnya hasilnya gatau. Dan baru kontrol minggu depan. Smpek skrg kepikiran. Bbrpa org sy tanya katanya ngeflek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu saya jg tidak langsung keluar flek.. reaksi tiap orang mungkin bisa saja berbeda. Lebih baik dikonsultasikan dg dokter ☺️

      Hapus
  3. Helo kak boleh minta kontak yg dpat dihubungin. Aku mau tnya² masalh promil Sy jg kedua tuba non paten

    BalasHapus