Tab Menu

Minggu, 24 April 2016

ProgMil Part 3 - Konsultasi Awal dengan Dr. Marly Susanti

Pada Progmil part 3 ini, saya akan sharing cerita tentang konsultasi saya dengan dr. Marly di RSIA Hermina, Bekasi.
Sumber: http://pusatpengobatan.com/blog/rsia-hermina-bekasi/

     Sabtu, 23 April 2016, kami membuat jadwal untuk konsultasi dengan dr. Marly. Sebagai informasi, jika Anda ingin konsultasi/periksa ke dr. Marly, sebaiknya Anda membuat janji jauh-jauh hari. Karena berdasarkan pengalaman, saya telah membuat janji sejak hari pertama haid, untuk konsultasi pada hari ke-14, artinya 2 minggu sebelum kedatangan saya ke RS, namun saya sudah mendapat nomor antrian 24. Tidak lupa tanyakan waktu kisaran antrian Anda. Jika saya kemarin, nomor 24 dipanggil sekitar pukul 14.30. Saat saya di tempat pendaftaran, saya juga sempat menanyakan berapa antrian yang ada pada hari itu, jawabnya sekitar 70an orang pasien. *woooow..
     Berhubung tempatnya jauh dari rumah, dan lebih mudah dijangkau jika kami menggunakan commuter line, maka kami ke RS Hermina Bekasi menggunakan commuter line sampai stasiun bekasi, kemudian lanjut naik becak. Kami berangkat dari rumah sekitar pukul 1 siang dan sampai di RS sekitar pukul 2 siang. Kami menuju Poli Eksekutif, tempat dr. Marly praktik. Pertama, kami mendaftar terlebih dahulu, mengisi formulir, pengukuran berat badan dan tekanan darah. Saya sempat diwawancarai sedikit tentang riwayat kesehatan dan usia pernikahan kami, program apa saja yang sudah kami jalani. Sebagai pasien baru di Hermina, biasanya kami dikenakan biaya untuk penggantian buku catatan pasien. Namun petugas menanyakan apakah saya sebelumnya sudah mempunyai buku catatan seperti itu, maka saya keluarkan buku catatan yang saya miliki dari Morula. Sehingga di RS Hermina saya tidak perlu membayar buku lagi, dan langsung melanjutkan di buku tersebut. Biaya penggantian buku catatan pasien baru sebesar Rp. 25.000.
     Sambil menunggu antrian, di Poli eksekutif ini pasien mendapat snack berupa teh manis dan sepotong kue. Alhamdulillah, lumayan untuk ganjal perut. Kami mengantri sekitar 30 menitan, hingga akhirnya kami dipanggil masuk ke ruangan dr. Marly.
     Seperti biasa, kami sampaikan maksud tujuan kami. Dokter membaca catatan riwayat saya, serta hasil ansper suami yang telah kami sertakan. Perhatian dokter langsung tertuju pada hasil ansper suami. Beliau menyarankan agar rutin mengkonsumsi vitamin yang diberikan dokter, agar hasilnya lebih baik. Kemudian saya diarahkan untuk dilakukan USG. Hanya sedikit yang diucapkan dokter saat USG. Selanjutnya kami dijelaskan urutan atau prosedur jika saya ingin melakukan progmil dengan dr. Marly, yaitu Hysterosalpingogram (HSG) dilakukan oleh bagian Radiologi, pemeriksaan lab, dan Hysteroscopy (HO) atau teropong rahim yang dilakukan oleh dr. Marly sendiri. Kami juga dijelaskan tentang bentuk rahim yang normal seperti apa, kemudian pemeriksaan HO, yaitu dengan memasukkan kamera kecil ke dalam rahim, untuk mengetahui keadaan dinding rahim, bersih atau ada polip, serta proses HSG seperti apa. Tidak ketinggalan kami juga diberikan kisaran biaya setiap tindakan itu, diantaranya:
1. Hysterosalpingogram (HSG) : Rp. 1.241.000 + obat sebelum tindakan (+/- 50.000-100.000)
2. Pemeriksaan Lab : Rp. 3.281.500 (tergantung tes yang dilakukan)
3. Hysteroscopy (HO) : Rp. 1.700.000 jika rahim bersih, jika terdapat polip atau sejenisnya, akan langsung dilakukan tindakan, sehingga biaya menjadi Rp. 2.900.000
Petunjuk Persiapan HSG
Surat Pengantar HSG
Surat Pengantar Pemeriksaan Lab
     Hanya itu yang disampaikan dokter, karena akan lebih banyak dijelaskan oleh petugas yang berada di luar ruangan. Dr. Marly hanya berpesan, bahwa sebelum konsultasi berikutnya, yaitu untuk melakukan HO, maka saya harus sudah melakukan HSG dan pemeriksaan lab. Saya bebas untuk melaksanakan HSG dan pemeriksaan lab di mana saja. Saya juga tidak ada resep obat.
Berikut rincian biayanya:
1. Poli Eksekutif Konsultasi Dr Subspesialis Obsgyn : Rp. 292.000
2. USG Transvaginal : Rp. 125.000

     Sebagai pengalaman saya dengan dr. Marly, kebetulan saya bisa konsultasi tepat pada hari ke-14 dari pertama haid. Karena menurut beberapa orang, dengan USG transvaginal akan dapat terlihat bentuk/ukuran sel telur saya. Namun saat saya konsultasi kemarin, sama sekali tidak disinggung masalah itu. Saat saya tanyakan perawat yang menjelaskan pada saya di luar ruangan, dijawab bahwa jika tidak ada yang disampaikan oleh dokter, maka hal itu sehat/normal. Sedangkan jika ditemukan hal-hal yang tidak normal, maka akan disampaikan. Padahal saya sudah bertanya saat dilakukan USG, namun dokter berkata bahwa nanti akan dijelaskan di meja, hingga akhirnya dokter tidak menjelaskannya. Sebaiknya, entah baik atau jelek dokter tetap menyampaikannnya, agar pasien itu tahu kondisinya.
     Yaaa semoga hasil pemeriksaan-pemeriksaannya nanti bagus semua, sehingga bisa lanjut pada tahap progmilnya.
Terima kasih sudah membaca sharing progmil saya, semoga bermanfaat dan nantikan sharing progmil saya berikutnya.

15 komentar:

  1. Hallo moms..

    Salam kenal,

    Untuk biaya promil, apakah dijelaskan bisa dibayarkan dengan asuransi?

    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejujurnya saya tidak tahu..
      tapi dulu saya pernah mau pakai asuransi untuk promil pd tahun pertama, dikatakan oleh dokter bahwa tidak ada asuransi yg mengcover untuk masalah kesuburan/promil.
      entah hanya untuk asuransi saya saja atau yang lainnya juga..
      sebaiknya mbak Astrid menanyakan ke pihak asuransinya saja..

      Hapus
  2. asslamualaikum, hai mba bole minta kontak dr marly sebelumnya promil dengan beliau 2 tahun yg lalu

    BalasHapus
  3. Mnta no yg bs buat jadawal dr dr marly donk Bund

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa coba hubungi ke
      Rs Hermina Bekasi 021 8842121 (harusnya lebih mudah kl tahu no ext yg poli eksekutifnya, tp saya lupa catat)
      Rs Hermina Depok 021 77202525 / 237 untuk pendaftaran

      Hapus
  4. Langsung ke call center bun,nomernya 1500488. Ini aku ngehubungin call center langsung minta periksa ke hermina depok dg dr marly (aku daftar yg di depok)

    BalasHapus
  5. Mba..trus kelanjutan dari konsultasi dengan dr. Marly gimana? Apakah mba langsung melakukan serangkaian tes yang disarankan oleh dr. Marly?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya melakukan semua rangkaian tes yg dianjurkan dr marly.
      Setelah semua selesai, saya jg sempat 2x siklus program alami dg obat, tp masih belum rejeki

      Hapus
  6. mau tanya klo untuk promol berapa y biaya nya.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, maksudnya Promil mbak?
      Jika berkenan bisa baca postingan² saya tentang promil saya. Setiap tindakan yg saya jalani & obat²anya, saya cantumkan biayanya. Terima kasih

      Hapus
  7. Hallo mba apakah ada kabar baik setelah promil dengan beliau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan waktu itu program ke dokter dan pijat.
      alhamdulillah dikasih kesempatan hamil, jadi kurang tahu pastinya saya berhasil program krn ke dokter atau karena pijat...

      Hapus
    2. halo mba boleh minta rekomendasi pijat nya mba?

      Hapus
    3. Di cipinang mbak..
      Patokannya sudah saya tulis di sini
      http://ingealitalya.blogspot.com/2017/08/progmil-part-kesekian-mencoba-pijat.html?m=1

      Hapus