Tab Menu

Minggu, 12 Desember 2010

Domain

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Domain memberikan kemudahkan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi daripada harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.

Perbedaan Web Hosting dan Domain

Web hosting diibaratkan rumah dan domain adalah alamat kita. Bila seseorang ke rumah kita, maka ia akan menuju ke alamat (domain) tersebut dan akan menemukan rumah kita (hosting). Jadi, hosting dan domain merupakan kesatuan sebuah website. Namun, kita tidak perlu mempunyai hosting sendiri, karena ada ratusan bahkan ribuan penyelengga jasa web hosting. Beberapa diantaranya berada di Indonesia.

Level Domain

Menurut Wikipedia (2010), Top Level Domain (TLD) merupakan rujukan kepada huruf-huruf terakhir setelah tanda titik dalam sebuah nama domain. Top level domain tersebut diantaranya:

· .com (dotcommercial)

· .net (dotnetwork)

· .org(dotorganization)

· .edu(doteducation)

· .gov(dotgoverment)

· .mil(dotmilitary)

· .info (dotinfo)

· dll


Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id).

Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang kita daftarkan. Sedangkan Third Level Domain adalah nama setelah SLD. Misalnya domain yang kita daftarkan adalah namadomain.com, maka namadomain adalah SLD dan .com adalah TLD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar