Tab Menu

Senin, 13 Desember 2010

Pembuatan Hosting dan Domain Baru (Part 1)

Dalam membangun sebuah website, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, memilih CMS yang akan digunakan kemudian menginstalnya di dalam lokal komputer (jika ingin menginstal secara offline) atau juga bisa langsung dilakukan secara online setelah website sudah aktif. Kedua, mendaftarkan hosting, serta yang terakhir adalah membeli domain. Hosting dan domain yang digunakan bisa memilih yang berbayar maupun gratis, sesuai kebutuhan. Karena memiliki kelebihan masing-masing.

Di dalam tutorial ini, kita akan membangun sebuah toko online menggunakan CMS Joomla (Virtuemart Bundle Joomla). Jadi kita hanya menginstal sekali saja. Hosting yang kita gunakan menggunakan ByetHost, dan menggunakan domain dari Co.CC.

Langkah-langkahnya ikuti sebagai berikut:

1. Masuk ke ByetHost.

image

2. Kemudian klik linkClick here to sign up for free hosting” yang berwarna biru. Dan disebutkan bahwa kita disarankan/diwajibkan memakai browser firefox, jangan internet explorer.

image

3. Masukkan data-data yang diminta, yaitu:

image

Klik tombol register.

4. Setelah itu akan dihadapkan pada tampilan seperti ini:

image

5. Klik pada tombol “Click Me To Continue” dan akan muncul layar seperti ini:

image

Masukkan kode verifikasi yang diminta,

image

Login ke email kita, dan di sana kita akan mendapatkan kode verifikasi. Klik tombol register.

image

6. Setelah itu klik tombol register, maka langsung kita akan mendapatkan account hosting gratis, termasuk juga alamat domain gratis :

image

Di sini diberikan data-data penting yang berhubungan dengan hosting gratis kita, untuk itu sebaiknya dicatat atau disimpan baik-baik data ini, yaitu:

· Control panel username: username yang dibuat dan berguna untuk login ke hosting gratis kita.

· Control panel password: password yang dibuat dan berguna untuk login ke hosting gratis kita.

· Control panel URL: alamat url tempat kita masuk ke hosting gratis kita.

· FTP username: username untuk mengupload file ketika kita menggunakan FTP Software.

· FTP password: password untuk mengupload file ketika kita menggunakan FTP Software.

· FTP hostname: alamat url/FTP kita untuk mengupload file ketika kita menggunakan FTP Software.

Dan sisanya adalah data-data MySQL yang diperlukan ketika pembuatan database atau ketika kita menginstall script yang membutuhkan database.

Kemudian tentukan dahulu apakah kita akan menggunakan domain gratis yang diberikan Byethost atau menggunakan domain sendiri. Bila menggunakan domain yang diberikan Byethost dan bila kita ingin mengisi domain tersebut maka cukup langsung diupload file-file yang akan diisi tersebut melalui FTP Software.

Sedangkan kita ingin menggunakan domain sendiri/domain gratis dari Co.CC. Lanjut ke Pembuatan Hosting dan Domain Baru (Part 2).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar